Sabtu, 11 Oktober 2008

Movie Review: Cleaner


Ada yang berbeda dengan judul film ini. Cleaner. Setiap kali nyari di internet dengan kata kunci Cleaner, hasilnya justru film yang dibintangin sama Lucy Liu (kalo ga salah, soalnya gue ga merhatiin banget). Tapi yah, hasil nol di internet bukan berarti ga bisa gue bikin review kan?

Samuel L. Jackson, maen jadi Tom Cutler, yang kerjanya jadi cleaner alias pembersih. Lebih spesifiknya, dia kerja jadi pembersih TKP. Jadi, di mana ada kejahatan, biasanya tempat kejadiannya suka berantakan. Dan, pastinya para Polisi ngadain riset dan investigasi sama unit khusus. Tapi, pernah ada yang nyangka ga, siapa yang ngebersihin dan ngerapiin TKP? Dan, di situlah Tom. Kerja.

Semuanya berjalan lancar seperti hari-hari biasanya. Sebagai mantan polisi, Tom tau karakter dari setiap TKP. Dia bisa ngenalin TKP udah diselidiki atau belum. Dia bisa ngenalin bagaimana kejahatan terjadi di TKP. Tapi, buat sekali aja, dia bikin blunder.

Satu hari, Tom diminta buat ngebersihin TKP. Semua hal di situ, seperti udah pernah diselidikin polisi. Jadi, Tom ngelakuin pekerjaannya. Ngebersihin TKP. Dia ngelakuin kerja yang cukup bagus di situ, dan bahkan pemilik rumah – yang jadi TKP, ga bakalan nyadar kalo di situ pernah ada TKP sebelum dibersihin sama Tom.

Tapi kemudian, persoalannya mulai muncul. Tom asalnya mau nagih duit jasanya dia ke pemilik rumah – Ann Norcut (diperanin sama Eva Mendes), tapi Ann ga tau apa-apa. Tom akhirnya balik lagi ke kantor, tapi kemudian polisi ngumumin berita orang hilang, yang namanya Norcut – seperti si pemilik rumah. Tom ga bisa nebak apa yang udah terjadi, jadi dia cari bantuan, dari rekan kerjanya dulu, yang diperanin sama Ed Harris.

Setiap hari, Tom makin deket aja sama masalah. Polisi nyelidikin dia. Ann Norcut maksa buat ketemu dia, dan nanya-nanya. Bahkan, teman lamanya, coba kasih solusi, tapi ga selesai juga.

Belakangan, dia baru tau kalo itu semua karena sebuah daftar, yang isinya polisi-polisi yang disuap. Dan, kemudian banyak polisi gangguin dia. Bahkan, dia dipukulin. Tapi dia ga nyerah gitu aja. Dia justru berusaha makin keras. Dan, pada akhirnya ada kebenarannya.

Keseluruhan, gue ngasih film ini nilai 8 dari 10. Semua karena cerita yang bagus, akting yang bagus, dan ending yang ga ketebak. Gue ga bisa nebak gimana endingnya. Tapi yah, ending kan ga selamanya seperti yang kita kira.

Pesan yang ingin disampein film ini, jangan ngelakuin sesuatu kalo ga tau apa-apa soal itu. Bahkan seorang yang berpengalaman aja, bisa buat kesalahan. Jadi, kita musti hati-hati kalo mau ngelakuin sesuatu.

Gue kasih kata, MENARIK untuk Cleaner!

Tidak ada komentar:

info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah

Confidential's Reviews