Jumat, 10 Oktober 2008

Movie Review: Blood Diamond


Sesaat, gue ga inget ada film judulnya Blood Diamond. Gue cuman mikir, film ini ga terkenal, yang ga ada bintang sama sekali. Dan, cerita yang dikandungnya cuman simpel aja, yang nyerita soal berlian. Tapi ternyata, gue salah.

Leonardo DiCaprio (jadi Danny Archer) dan Jennifer Connely (jadi Maddy Bowen) main di film ini. Dan, pastinya akting mereka ga bakalan sempurna kalo ga ada dukungan dari Djimon Hounsou (jadi Solomon Vandy). Gue bilang sempurna, coz cerita dari film ini tercermin dari karakter mereka masing-masing.

Dimulai di sebuah desa kecil dari orang-orang pribumi di Afrika, Solomon nyoba buat ngedidik anaknya buat jadi orang yang berguna dan berpendidikan. Meskipun negaranya lagi dalam perang – Sierra Leone, karena perang sipil, tapi dia ga putus asa tentang mimpinya itu. Tapi kemudian, desanya diserang R.U.F – para tentara pemberontak yang sangat kejam dan tidak berperikemanusiaan. Mereka cuman ngebunuh, dan ngebunuh banyak orang. Tapi untungnya, keluarga Solomon bisa selamat meski dia sendiri ketangkep.

Dia lalu dipekerjakan jadi buruh di sebuah tambang berlian. R.U.F yang punya tambang itu. Jadi, semua berlian yang ditemuin di tambang itu, bakalan dipake buat ngedanaini perang sipil. Lalu, Solomon nemuin satu berlian. Berlian yang besar. Dia pun langsung pengen ngubur dan nyembunyiin, tapi ga sempet karena keburu kepergok sama komandan R.U.F yang ngancem dia. Sebelum dia sempet dibunuh, tentara pemerintah nemuin mereka dan nangkep semua orang.

Sementara itu, Danny – seorang tentara bayaran, juga ditangkep karena penyelundupan berlian. Lalu, dia denger soal berlian yang besar itu, selagi di penjara. Jadi, dia cari tau lebih banyak dengan ngejamin Solomon supaya keluar dari penjara setelahnya. Dari situ, Danny dan Solomon terlibat dalam banyak aksi. Banyak tembakan senjata. Banyak darah. Banyak aksi-aksi penyelamatan diri. Karena Danny butuh berliannya, dan Solomon butuh keluarganya – yang udah dijanjiin bakal selamet sama Danny. Dan, dalam perjalanan, mereka ketemu (lagi buat Danny) sama Maddy. Seorang wartawan perang dari Amerika, yang lagi bikin cerita soal Blood Diamond – sebuah ungkapan untuk berlian yang ditambang dan digunakan untuk perang sipil.

Film ini ngasih pesan dengan jelas. Bagaimana sebuah perang dapat menghancurkan banyak hal. Orang-orang tewas, dan kerusakan material. Ga ada keuntungan dari perang. Setiap pihak dalam perang itu kalah. Meski beberapa bilang, mereka menang perang, tapi sebenernya mereka udah kehilangan banyak hal. Dan, yang kalah perang adalah yang kehilangan lebih banyak. Pesan yang juga ingin disampaikan dari film ini adalah, tidak ada yang tak mungkin. Beberapa hal adalah mungkin jika diperlakukan dengan baik – seperti Solomon yang pergi ke London, dengan keluarganya, dan jadi keluarga berada.

Satu kata untuk Blood Diamond: HEBAT!

Tidak ada komentar:

info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah

Confidential's Reviews